Jumat, 13 Oktober 2017

Peran Ilustrasi Pada Desain Grafis

Peran ilustrasi pada desain grafis adalah sebagai objek yang menjelaskan pesan secara visual atau gambar. Ilustrasi dalam hal ini sebagai gambar yang bercerita maupun menceritakan suatu hal, situasi, keadaan, dan objek benda.

Ilustrasi memberikan sudut pandang yang sama antara pemberi pesan kepada penerima pesan. Seperti contoh dalam buku cerita, antara verbal / tulisan dengan visual / gambar berupaya untuk menarik minat dan memberikan pesan yang jelas. Begitu juga pada desain grafis, ilustrasi memberikan perannya sebagai suatu daya tarik dan sekaligus menjelaskan pesan secara cepat.




Cara menampilkan ilustrasi juga berbeda-beda, dapat dilihat dari lingkungan suatu wilayah dimana ilustrasi itu dibuat maupun ilustrasi tersebut akan ditampilkan. Cara menampilkan ini yang sering disebut dengan gaya atau karakter.

Mulai dari sentuhan garis yang khas, pemilihan warna, maupun tekstur menjadi sangat menarik untuk diperhatikan. Ada maksud tertentu yang ingin disampaikan dari Creatif Director ataupun desainer grafis. Berkenaan dengan budaya, pengaruh seni lingkungan disekitar, maupun alam yang menginspirasi.



Jadi ilustrasi memiliki peran yang sangat penting pada desain grafis, agar desain memiliki daya tarik dan nilai lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar