Obrolan ringan yang berarkhir serius, dan ditulis dalam
cerita sederhana. Brand memang sangat asyik dibicarakan dengan pemula-pemula
yang membangun impian. Mengulas brand dari berbagai sudut pandang yang teoritis
sampai pada yang bisa ditemukan dilapangan. Kadang harus mulai dengan
memperdebatkan bukti dan usaha yang dapat dilakukan secara nyata. Karena brand
bukan sekedar tampil beda.
Dari beberapa obrolan yang saya ingat, mengenai brand itu
saya analogikan sebagai Tumbuhan (Pohon) yang memiliki cerita panjang dalam
hidupnya. Ambil saja contoh Pohon Mangga. Saya tidak pernah tau pasti kalau
pohon itu tidak berbuah, dan saya tidak berani bilang kalau itu buahnya manis
sebelum membuktikannya.
Pohon Mangga (Brand) yang ditanam Paman (Pemilik) akan
berbuah lebat dan manis itu tergantung pemeliharaannya. Bibit tumbuhan Mangga
yang ditanam dirawat dengan cinta. Dengan perasaan senang setiap hari, sampai
tumbuh besar. Menyiram setiap hari, memupuk pada saat yang tepat, memangkas
yang tidak diperlukan, dan mempelajari semua aspek untuk menghasilkan buah yang
manis.
Ketika pohon sudah berbuah, Paman tidak lantas menjadi puas.
Buah mangga yang matang dibagikan ketetangga-tetangganya. Alhasil semua tetangga
sangat senang, karena selain keramahannya Paman dipuji karena hasil panen
mangganya yang manis.
Dari cerita singkat nan sederhana, dapat disimpulkan bahwa
Brand bukan cuma soal penampilan namun lebih pada apa yang ingin ditampilkan.
Bukan berarti penampilan itu tidak perlu diperhatikan, malah harus bersinergi
antara elemen yang satu dengan yang lainnya. Untuk menghasilkan bentuk yang
harmonis antara apa yang dapat dilihat dengan kasat mata dan yang tidak dapat
dilihat dengan kasatmata. Seperti, rasa, bau, pendengaran, raba yang dapat
disimpulkan dalam Panca Indra.
Memiliki brand impian dapat dilakukan oleh siapapun,
kapanpun, dimanapun. Brand itu lahir, hidup, bahkan bisa mati juga seperti
mahluk hidup. Namun brand akan hidup abadi dalam jiwa yang dirawat dengan baik.
oleh : Pageh Putu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar