Senin, 10 Agustus 2015

Desain Butuh Kerja Sama


Dalam tulisan ini saya menceritakan pengalaman menyelesaikan project Desain Komunikasi Visual. Setiap project yang berbeda tentunya membutuhkan proses penyelesaian yang berbeda. Mungkin disebabkan karena beda klien, beda partner, beda media, dan lain sebagainya. Tetapi semuanya memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu bekerja sama.

Seperti ketika mengerjakan project brosur dalam format buku, ada beberapa hal tahapan yang harus dilalui. Pertama membicarakan secara keseluruhan konsep project bersama klien, mulai dari tampilan cover, layout isi sampai pada jenis kertas yang akan dipakai. Setelah desain kasar berupa sketsa layout selesai, mulai membicarakan isi brosur, seperti tampilan foto, teks, lipatan, ilustrasi, warna, dan layout. Konsep desain awal yang sudah diacc menjadi acuan untuk pemotretan. Pada bagian ini kerjasama dengan fotografer ahli sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan pas. Hal ini berhubungan dengan keahlian dan kelengkapan alat. Walau tidak jarang pekerjaan ini sering dirangkap 1 orang. Dengan hasil foto yang sesuai dengan konsep yang telah dibicarakan diawal, maka tahap mendesain menjadi lebih mudah untuk membentuk kesatuan disetiap elemen dalam desain komunikasi visual. Untuk menampilkan desain final yang tidak hanya menyenangkan klien, tapi lebih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai maka proses evaluasi dan revisi harus dilakukan sebelum ke tahap cetak. Diproses diskusi ini menjadi menarik ketika kedua belah pihak menyadari bahwa tujuan yang ingin dicapai harus sesuai dengan konsep yang telah dibicarakan diawal, agar tidak terjadi tumpang tindih antara pemilik dan desainer yang nantinya mempengaruhi hasil akhir dari karya desain. 

Maka, desain menjadi lebih menarik ketika proses pengerjaannya dilakukan melalui kerjasama yang baik antara berbagai pihak, sesuai jenis project yang ingin diwujudkan.




Mendesain project outdoor juga menjadi pengalaman yang menarik. Kemampuan bekerjasama dengan tukang las yang lebih ahli dibidang konstruksi memberikan ilmu baru. Bagaimana saling mempercayai satu sama lain dan pertimbangan-pertimbangan yang tentunya mendukung hasil terwujudnya aplikasi desain yang sesuai dengan konsep yang disetujui klien. Saya sendiri sering ikut mengawasi ketika pekerjaan harus diselesaikan di tempat klien, agar tidak terjadi komunikasi yang tidak nyambung antara tukang dengan klien. Pengerjaan ditempat keramaian yang padat disekitar tempat klien juga harus dikonfirmasikan, minimal minta izin karena dalam waktu tertentu akan mengganggu aktifitas yang lain.

Desain itu untuk kebaikan, maka bekerjasama yang baik adalah kunci bekerja di dunia desain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar